Biografi Mario Suryo Aji, Bikin Sejarah di Moto3 Mandalika

Atlet Biografi News Terkini

Mario Suryo Aji pembalap asal Indonesia, Mario Aji berhasil mencapai prestasi di kancah internasional. Salah satunya menempati posisi ke-19 dalam ajang Moto3 Qatar 2022. Prestasi inilah yang membuat Mario Suryo Aji semakin dikenal.

Mario Suryo Aji Kelahiran Magetan, Jawa Timur pada 16 Maret 2004. Mario merupakan pembalap binaan dari PT Astra Honda Motor (AHM).

Sementara itu agama Mario Suryo Aji diketahui ia memeluk Islam. Dia pun diketahui tinggal di Barcelona, Spanyol dalam beberapa bulan terakhir. Pemuda 16 tahun tersebut bercerita terkait proses adaptasinya di sana.

Apalagi sebagai seorang muslim Mario harus bisa menyesuaikan diri dengan baik mengingat Islam adalah agama mayoritas di Barcelona, Spanyol.

Uniknya, nama Mario Aji belakangan ini memang hits di media sosial, namun pemicunya adalah moment unik yang dia lakukan di sirkuit MotoGP. Pasalnya, remaja 17 tahun ini tetap melaksanakan salat di tengah kesibukannya bahkan berwudu di sirkuit. Hal itu tentu saja jadi pemandangan yang bikin terkesan. Lebih dekat mengenal Mario Aji, berikut sedikit ulasannya.

Viralnya video saat sedang berwudu sebelum melaksanakan salat, sebenarnya bukan sesuatu yang sengaja diviralkan.

Menurut tetangga Mario, remaja 17 tahun itu memang dikenal taat beribadah. Tetangga yang tinggal di kampung yang sama dengan pembalap internasional itu, juga mengaku jika ayah dan ibu Mario gemar bersedekah. Biasanya, tiap kali selesai mengikuti pertandingan, Mario akan langsung pulang, bersekolah, dan melakukan ujian seperti pada umumnya pelajar.

Karier

Saat muda dulu, ayah Mario juga seorang pembalap. Karena kecintaan pada dunia balap, ayah Mario pun membelikan motor kecil dan melatih anaknya. Bahkan di usia enam tahun, Mario sudah mengikuti kejuaraan motorcross di Kediri. Pada tahun 2012 hingga 2014, Mario berhasil menjadi juara nasional motorcross 50 cc

Mario Aji mulai meniti kariernya sebagai pembalap dengan bergabung dengan sekolah balap milik Hendriansyah pada 2014. Pada tahun yang sama, pria yang berzodiak Pisces ini mulai menjajal keberuntungan di balapan road race Motoprix, Honda Dream Cup.

Dia menempati posisi kelima di ajang itu pada 2018 lalu. Sepanjang musim tersebut, pria asal Magetan itu meraih satu kemenangan dan tiga podium.

Perjalanan karier Mario terus berkembang dan ia pun dipercaya untuk tampil pada ajang Idemitsu Talent Cup 2018. Saat itu Mario menempati posisi kelima di musim tersebut. Tercatat di musim itu juga Mario meraih satu kemenangan dan tiga podium.

Di 2021, Mario Aji sempat mendapatkan kesempatan turun di dua seri Moto3, yakni Emilia-Romagna dan Algarve Grand Prix. Kesempatan itu didapatkannya melalui wild card. Mario ditepatkan sebagai bagian line-up Honda team Asia.

Mario sempat membuat kagum di Misano. Sebab, pada latihan bebas pertama, dan mampu menempati posisi keempat. Mario diketahui gagal diturunkan pada Algarve diakibatkan mengalami cedera.

Selama Moto3 2022, Mario Aji akan tampil dalam 21 seri di 16 negara. Adapun agenda balapnya musim ini akan terasa spesial karena seri kedua akan digelar di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.