Ads Top

Biografi Kamala Harris, Perempuan Pertama Menjadi Wakil Presiden Amerika

Kamala Harris berhasil menjadi wakil presiden Amerika Serikat berkulit hitam pertama. Pemilik nama lengkap Kamala Devi Harris, lahir 20 Oktober 1964 Oakland, California. Ia merupakan anak sulung dari dua bersaudara. 

Kamala Harris adalah seorang politikus dan pengacara Amerika Serikat yang menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat ke-49. Seorang anggota Partai Demokrat, ia sebelumnya menjabat sebagai senator Amerika Serikat dari California dari 2017 hingga 2021, sebagai Jaksa Agung California ke-32 dari 2011 sampai 2017, dan sebagai Jaksa Distrik San Francisco.

Pada 11 Agustus 2020, Joe Biden memilih Harris sebagai kandidat wakil presiden. Pada 7 November 2020, ia bersama Joe Biden menang dalam pemilihan umum. Harris akan menjadi keturunan India-Amerika, keturunan Afrika-Amerika, dan perempuan pertama dalam sejarah Amerika Serikat yang menduduki jabatan sebagai wakil presiden.


Kehidupan Keluarga 
Ibu dari Kamala Harris, Shyamala Gopalan, merupakan peneliti kanker dari India, sedangkan ayahnya, Donald Harris, merupakan ekonom asal Jamaika, ayahnya mengajar di Universitas Stanford. Kedua orang tuanya bertemu saat masih menjadi mahasiswa di Universitas California, Berkeley. 

Selain menjadi peneliti dengan gelar doktor dalam bidang nutrisi dan endokrinologi, Gopalan juga merupakan seorang aktivis hak-hak sipil. Saat pertama kali menginjakkan kaki di Amerika Serikat, Gopalan merasa menemukan keluarga di kalangan warga kulit hitam Bay Area. Aktivisme Gopalan turut membangun kesadaran politis Harris sejak usia muda.

Seorang tetangga secara teratur membawa Kamala Harris ke gereja Afrika-Amerika di Oakland di mana mereka bernyanyi di paduan suara anak-anak, dan mereka juga sering mengunjungi pusat budaya Afrika-Amerika. Ibunya memperkenalkan mereka pada agama Hindu dan membawa mereka ke kuil Hindu terdekat, di mana Harris terkadang bernyanyi.

Sebagai anak-anak, dia dan saudara perempuannya beberapa kali mengunjungi keluarga ibu mereka di Madras (sekarang Chennai). Dia mengatakan bahwa dia sangat dipengaruhi oleh kakek dari pihak ibunya P. V. Gopalan, seorang pensiunan pegawai negeri India yang pandangan progresifnya tentang demokrasi dan hak-hak perempuan membuatnya terkesan. Kamala Harris tetap berhubungan dengan bibi dan paman dari India-nya selama masa dewasanya. Kamala Harris juga mengunjungi keluarga ayahnya di Jamaika. 

Orangtuanya bercerai saat dia berusia tujuh tahun. Harris mengatakan bahwa ketika dia dan saudara perempuannya mengunjungi ayah mereka di Palo Alto pada akhir pekan, anak-anak lain di lingkungan itu tidak diizinkan bermain dengan mereka karena mereka berkulit hitam.

Ketika ia berusia dua belas tahun, Kamala Harris dan saudara perempuannya pindah bersama ibu mereka ke Montreal, Quebec, Kanada, di mana Shyamala telah menerima posisi penelitian dan pengajaran di Rumah Sakit Umum Yahudi yang berafiliasi dengan Universitas McGill.


Pendidikan 
Kamala Harris mulai bersekolah di taman kanak-kanak, dia menjadi bagian dari program desegregasi komprehensif Berkeley ke Sekolah Dasar Thousand Oaks. Sekolah tersebut sebelumnya memiliki siswa 95 persen berkulit putih, dan setelah program desegregasi diberlakukan, persentasi siswanya menjadi 40 persen berkulit hitam.

Kamala Harris melanjutkan pendidikan sarjananya di Universitas Howard, perguruan tinggi yang memiliki sejarah sebagai kampus warga kulit hitam. Saat masih mahasiswa, ia juga menjadi anggota perkumpulan mahasiswa kulit hitam terkemuka, Alpha Kappa Alpha. Selama remaja, Harris sering mengunjungi India.

Dia bersekolah di sekolah dasar berbahasa Prancis, Notre-Dame-des-Neiges, kemudian melanjutkan pendidikannya ke F.A.C.E. School, dan kemudian Westmount High School di Westmount, Quebec dan lulus pada 1981. Wanda Kagan, seorang temannya dari sekolah menengah, mengatakan kepada CBC News pada 2020 bahwa Kamala Harris adalah sahabatnya dan menggambarkan bagaimana dia mengaku kepada Kamala Harris bahwa dia telah dianiaya oleh ayah tirinya.

Dia mengatakan bahwa Kamala Harris memberi tahu ibunya, yang kemudian mendesak Kagan untuk tinggal bersama mereka selama sisa tahun terakhir sekolah menengahnya. Kagan mengatakan Kamala Harris baru-baru ini memberitahunya bahwa persahabatan mereka, dan pengalamannya dalam melawan eksploitasi Kagan, membantu membentuk komitmen yang dirasakan Kamala Harris dalam melindungi wanita dan anak-anak sebagai jaksa. 

Setelah sekolah menengah, pada 1982, Harris kuliah di Howard University, sebuah universitas yang secara historis berkulit hitam di Washington, D.C. Saat di Howard, dia magang sebagai juru tulis ruang surat untuk senator California Alan Cranston, memimpin perkumpulan ekonomi, memimpin tim debat, dan bergabung dengan perkumpulan mahasiswi Alpha Kappa Alpha. Kamala Harris lulus dari Howard pada tahun 1986 dengan gelar dalam ilmu politik dan ekonomi.

Kamala Harris kemudian kembali ke California dan memilih sekolah hukum di University of California, Hastings College of Law melalui Program Peluang Pendidikan Hukum (LEOP). Saat berada di UC Hastings, dia menjabat sebagai presiden dari Asosiasi Mahasiswa Hukum Hitam(berkulit). Dia lulus dengan gelar Juris Doctor pada 1989 dan diterima di California Bar pada Juni 1990.


Karier
○Pada tahun 1990, wakil jaksa wilayah di Alameda County, California, 
○Pada Tahun 1994, Dewan Banding Asuransi Pengangguran Negara dan kemudian sebagai Komisi Bantuan Medis California. Kamala Harris mengambil cuti enam bulan pada 1994 dari tugasnya sebagai jaksa.
○Pada Februari tahun 1998, asisten jaksa wilayah, kepala Divisi Kriminal Karir, 
○Pada Agustus 2000, pengacara kota Louise Renne. 
○Pada Tanggal 21 Januari Tahun 2021, Kamala Harris resmi dilantik menjadi wakil presiden wanita berkulit hitam pertama di Amerika mendampingi Presiden Amerika Joe Biden.


Kehidupan Pribadi
Kamala Harris menikah dengan pengacara Doug Emhoff pada 22 Agustus 2014, di Santa Barbara, California. Harris adalah ibu tiri dari dua anak Emhoff dari pernikahan sebelumnya dengan produser film Kerstin Emhoff. Pada Agustus 2019, Harris dan suaminya diperkirakan memiliki kekayaan bersih $ 5,8 juta. Pada 2001, dia secara singkat berkencan dengan Montel Williams, mantan pembawa acara The Montel Williams Show.

Kamala Harris adalah seorang Amerika multiras dan seorang Baptis, ia memegang keanggotaan di Third Baptist Church of San Francisco, yang merupakan bagian dari American Baptist Churches USA. Kakaknya, Maya, adalah seorang pengacara dan analis politik MSNBC; saudara iparnya, Tony West, adalah penasihat umum Uber dan mantan pejabat senior Departemen Kehakiman Amerika Serikat.Keponakannya, Meena, adalah pendiri Phenomenal Women Action Campaign dan mantan kepala strategi dan kepemimpinan di Uber.


Penghargaan

Pada 2005, National Black Prosecutors Association menganugerahi Harris dengan Thurgood Marshall Award. Harris bersama dengan 19 wanita lainnya termasuk dalam profil "20 Wanita Paling Kuat di Amerika" yang diterbutkan oleh Newsweek. Sebuah artikel New York Times pada 2008 yang diterbitkan akhir tahun itu juga mengidentifikasi dia sebagai seorang wanita dengan potensi untuk menjadi presiden Amerika Serikat, menyoroti reputasinya sebagai "pejuang yang tangguh".

Pada 2013, Time menyebut Harris sebagai salah satu dari "100 Orang Paling Berpengaruh di Dunia".  Pada 2016, 20/20 Bipartisan Justice Center menganugerahi Kamala Harris the Bipartisan Justice Award bersama dengan Senator Tim Scott. Joe Biden dan Kamala Harris bersama-sama dinobatkan sebagai Time Person of the Year untuk 2020.

Pada 15 Mei 2015, Harris mendapatkan gelar penghormatan Doctor of Law dari Universitas California Selatan.[280][281][282] Kemudian pada 13 Mei 2017, ia mendapatkan gelar penghormatan Doctor of Humane Letters dari Howard University.
****

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.