Ads Top

Biografi Evan Williams, Si Vegan Pendiri Blogger dan Twitter



Evan Williams adalah seorang pengusaha  internet Amerika Serikat (AS), yang mendirikan sejumlah perusahaan internet. Dua diantaranya yang paling terkenal adalah platform Blogger yang dibeli oleh Google dan jejaring media social Twitter.  Seperti apa sosoknya, berikut biografi singkat Evan Williams.


Pendidikan


Williams lahir 31 Maret 1972 di Nebraska. Ia dibesarkan di sebuah peternakan di Clarks, Nebraska, di mana ia dibantu dengan irigasi tanaman di musim panas. Dia hadir di Universitas Nebraska selama satu tahun setengah, meninggalkan untuk mengejar kariernya.


Karier


Setelah meninggalkan sekolah, Williams bekerja di pekerjaan berbagai teknologi dan start-up perusahaan-perusahaan di Key West, Dallas, Austin, Texas, kemudian di peternakan keluarganya di Nebraska.


Dikutip Biografi.co.id dari Wikipedia, pada tahun 1996 Williams pindah ke Sebastopol, California di Sonoma County bekerja untuk penerbitan perusahaan teknologi O'Reilly Media.


Ia mulai bekerja untuk O'Reilly pada posisi pemasaran, tetapi akhirnya menjadi kontraktor independen menulis kode komputer, yang memberikannya peluang terbuka dengan perusahaan termasuk Intel dan Hewlett-Packard.


Pyra Labs dan Blogger


Evan Williams dan Meg Hourihan mendirikan Pyra Labs untuk membuat perangkat lunak manajemen proyek. Sebuah fitur mencatat berputar off sebagai Blogger, salah satu aplikasi web pertama untuk membuat dan mengelola weblog Williams menemukan "blogger" istilah dan berperan dalam mempopulerkan "blog" panjang  Pyra selamat kepergian Hourihan dan karyawan lainnya, dan akhirnya diakuisisi oleh Google pada tanggal 13 Februari 2003.


Pada tahun 2003, Williams bernama ke MIT Technology Review TR100 sebagai salah satu dari 100 inovator terbaik di dunia di bawah usia 35.


Pada tahun 2004, ia sebagai salah satu dari PC Magazine 's "Tokoh Tahun Ini", bersama dengan Hourihan dan Paul Bausch untuk pekerjaan mereka di Blogger.


Odeo


Williams meninggalkan Google pada Oktober 2004 untuk bersama-ditemukan Odeo, sebuah Podcasting perusahaan. Pada akhir 2006, Williams mendirikan Obvious Corp dengan Biz Stone dan Odeo mantan karyawan untuk mendapatkan semua properti sebelumnya dari mantan pendukung Odeo itu. Pada bulan April 2007, Odeo diakuisisi oleh Sonic Mountain.


Twitter


Di antara proyek Obvious Corp 's adalah Twitter, sebuah jejaring sosial gratis dan layanan micro-blogging. Twitter sendiri adalah berputar keluar menjadi perusahaan baru pada bulan April 2007, dengan Williams sebagai co-pendiri, anggota dewan dan investor.


Pada bulan Oktober 2008, Williams menjadi CEO dari Twitter, menggantikan Jack Dorsey yang menjadi ketua dewan. Pada Februari 2009, Compete.com peringkat Twitter jaringan sosial ketiga yang paling banyak digunakan berdasarkan hitungan mereka 6 juta pengunjung bulanan yang unik dan 55 juta kunjungan bulanan.


Pada 14 April 2010, Twitter telah 105.779.710 pengguna terdaftar. Ia mendapat 300.000 pengguna baru setiap hari dan menerima 180 juta pengunjung unik per bulan. 75% dari lalu lintas berasal dari luar Twitter.com. Pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams mundur dari CEO (akan diambil alih oleh Dick Costolo ).


Kehidupan Pribadi


Williams adalah seorang vegetarian.Dia tinggal di San Francisco Bay Area dengan istrinya, Sara Morishige. Bersama-sama mereka memiliki satu anak ***


Sumber : 

- Wikipedia

- Nytime.com


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.