Ads Top

Turgut Alp, Sahabat Ertugrul dan Pendamping Kesultanan Utsmani


Sahabat Ertugrul yaitu Turgut Alp, yang tak hanya menemi Ertugrul tapi juga berkesempatan menemani putranya Ertugrul yaitu Osman Gazi, pendiri Kesultan Utsmani. Dia bahkan melayani Orhan Gazi , putra Osman Gazi selama hidupnya. 

Nama Alp adalah memiliki reputasi baik. Gelar ini menunjukkan bahwa ia atau ayahnya memiliki wewenang untuk melayani Negara Seljuk. Kali ini tim mengulas biografi singkat Turgut Alp. Berikut ulasanya.

Turgut Alp adalah salah satu prajurit Ertugrul Gazi dan Kekaisaran Ottoman. Turgut Alp adalah seorang prajurit pemberani ertugrul dan satu-satunya militan yang bertempur dengan kapak. Kemudian, ia menjadi komandan militer Kekaisaran Ottoman setelah berdirinya. Ia juga sahabat dekat Ertugrul Gazi dan putranya Osman Gazi . Dia bahkan melayani Orhan Gazi , putra Osman Gazi selama hidupnya. 

Selama Penaklukan Ottoman awal pada masa pemerintahan Osman I , Turgut Alp dikirim ke Angelacoma (sekarang inegol ) pada tahun 1299 dan ia menaklukkan daerah tersebut. Wilayah yang terdiri dari beberapa desa ini, diberikan kepadanya oleh Osman I dan wilayahnya disebut Turgut-ili (Tanah Turgut) . 

Selama Pengepungan Bursa , Turgut Alp bersama Mihal Gazi berpartisipasi dalam penaklukan Kastil Atranos ( Orhaneli ) pada tahun 1325 yang memainkan peran kunci untuk penaklukan Bursa . Dia juga bersamaOrhan Gazi selama penaklukan Bursa (1326).

Pada tahun 1877, selama Perang Rusia-Turki (1877-1878) , sebuah kota didirikan dan dinamai " Turgutalp " menurut namanya di masa Kekaisaran Ottoman oleh orang-orang Muslim yang pernah tinggal di tempat yang sekarang dikenal sebagai Bulgaria . Pemukiman itu dinamai Turgutalp atas saran sultan.

Dalam serial TV Dirilis: Ertugrul , yang disiarkan di saluran televisi negara Turki TRT 1 , Turgut Alp diperankan oleh aktor Turki Cengiz Coşkun. Digambarkan sebagai pria berbadan tinggi besar, dan selalu membawa kapak kemanapun dia pergi, apalagi saat dalam peperangan.

Makamnya terletak di pemakaman desa Turgutalp (Genci), inegol , Turki. Makam di luar mausoleum Ertugrul Ghazi adalah kuburan kehormatan, bukan tempat pemakaman yang sebenarnya.
***


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.