Ads Top

Biografi Larry Page dan Sergey Brin, Dua Pendiri Google Mesin

Dibalik kehebatan Google mesin pencarian terbesar, ternyata ada dua pendirinya yang hebat, mereka adalah Larry Page dan Sergey Brin. Mereka bekerja sama membangun Google sebagai mesin pencarian terbesar saat ini. Berikut biografi kedua pendiri Google. 


Larry Page 
Pria bernama lengkap Lawrence Edward Page atau yang lebih di kenal dengan nama Larry Page lahir di Lansing, Michigan, 26 Maret 1973, adalah salah satu pendiri Google, mesin pencari di internet, bersama Sergey Brin. Orang tuanya, Carl Vincent Page, adalah seorang profesor ilmu komputer di Universitas Michigan dan Gloria Page, yang merupakan guru pemrograman komputer di kampus yang sama.

Saat Larry Page kecil, rumah keluarga biasanya dipenuhi majalah komputer, sains, dan teknologi. Lingkungan itulah yang membuatnya membenamkan diri pada dunia komputer. Ia mengaku tertarik pada komputer sejak usia 6 tahun dan mencoba mempelajari komputer generasi pertama milik kedua orangtuanya.

Setelah lulus dari East Lansing High School ia belajar dan m endapatkan gelar Bachelor of Science di bidang rekayasa komputer dari University of Michigan dan melanjutkan studi program Master di Universitas Stanford Inggris.


Sergey Brin
Pemilik nama lengkap Sergey Mikhailovich Brin lahir di Moscow, Soviet Union, 21 Agustus 1973 adalah seorang pengusaha Amerika. Brin mempelajari ilmu komputer dan matematika sebelum mendirikan Google dengan Larry Page. Brin adalah presiden teknologi pada Google dan mempunyai net worth perkiraan pada $18.7 miliar, yang membuatnya menjadi orang nomor 26 terkaya di dunia.

Dilansir dari Tagar.id Sergey Brin lahir dari sebuah keluarga Yahudi. Ayahnya yang bernama Mikhail Brin dan ibunya Evgenia Brin (née Krasnokutskaya) adalah ahli matematika lulusan Moscow State University. Pada tahun 1979, ketika Brin berumur 6 tahun, keluarganya pindah ke Amerika Serikat.

Di sana, Brin didaftarkan di sekolah dasar Paint Branch Montossori, Adelphi, Maryland. Ayahnya, yang juga seorang profesor di departemen matematika University of Maryland berperan besar mengembangkan ketertarikan Brin pada matematika. Pada bulan September 1990, setelah lulus dari Eleanor Roosevelt High School, Brin diterima di University of Maryland, College Park.

Di sana ia mengambil jurusan ilmu komputer dan matematika, dan berhasil mendapatkan gelar Bachelor of Science pada tahun 1993. Brin kemudian melanjutkan pendidikan ilmu komputernya di Stanford University melalui beasiswa dari National Science Foundation. Ia menerima gelar masternya pada bulan Agustus 1995. Brin juga memiliki gelar MBA dari IE Business School.

Brin menunjukkan ketertarikannya pada Internet dan search engine (mesin pencari) tak lama setelah ia diterima di Stanford. Ia menulis banyak paper yang membahas tentang data-mining dan pattern extraction. Ia juga menulis software yang dapat mengubah TeX menjadi HTML untuk memudahkan tugas-tugasnya.

Pada bulan Mei 2007, Brin menikahi Anne Wojcicki di Kepulauan Bahama. Wojcicki adalah seorang analis bioteknologilulusan Yale University. Ia adalah pendiri 23andMe.

Ibu Brin didiagnosis menderita Penyakit Parkinson. Pada tahun 2008, Brin mendonasikan banyak uangnya ke University of Maryland School of Medicine, tempat di mana ibunya dirawat.


Awal Mula Mendirikan Google 

Di masa kuliah pascasarjana ini, Larry Page bersama Sergey Brin, membesut mesin pencari yang diperkenalkan pada 1998. Pada awalnya mereka merasa tidak cocok. Hal ini disebabkan karena perbedaan dari setiap topik yang mereka bicarakan. Namun, pada akhirnya mereka memiliki ketertarikan yang sama yaitu mengenai mesin pencari (search engine). 

Akhirnya mereka sepakat menjalankan mesin pencari Google. Google didasarkan pada teknologi PageRank yang telah dipatenkan, yang mendasarkan pada struktur link-link antar situs web untuk menentukan peringkat suatu situs tertentu. Page masih tetap on leave dari program PhD.

Topik yang Mengambil informasi dari kumpulan data besar. Pasangan ini kemudian menulis apa yang secara luas dianggap sebagai kontribusi mereka, kertas kerja yang disebut “The Anatomy of a Large-Scale Hypertextual Web Search Engine”. sejak itu menjadimakalah mereka menjadi satu dari sepuluh makalah ilmiah paling banyak diakses di Stanford University.

Ketika di universitas, Page membuat mesin cetak inkjet dari potongan-potongan balok Lego. Page menjalankan Google sebagai presiden bersama dengan Brin sampai 2001, ketika mereka merekrut Eric Schmidt untuk menjadi ketua umum dan CEO Google. Page sekarang menjalankan Google sebagai tritunggal bersama dengan Brin dan Schmidt.

Menurut Forbes, Page mempunyai perkiraan kekayaan bersih sebesar AS$12,8 miliar, membuatnya orang nomor 27 terkaya di dunia (satu tempat di belakang pendiri lain Google, Sergey Brin). Pada September 2005 dia dan pendiri Google lainnya, Sergey Brin, membeli sebuah pesawat penumpang yang sangat besar, sebuah Boeing 767, untuk penggunaan pribadi mereka.


Berawal Dari Sebuah Garasi Kecil

Perjalanan Google hingga mencapai kesuksesan seperti sekarang ini pun cukup berliku. Mulanya, Google merupakan sebuah proyek riset yang dikerjakan Page dan Brin pada 1996.

Waktu itu, keduanya merupakan mahasiswa pascasarjana di Stanford University dan berkolaborasi dalam sebuah proyek riset. Proyek tersebut menjadi mesin pencari bernama BackRub yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Keduanya memiliki ide untuk membuat laman pencarian yang terhubung dengan beberapa laman lainnya. Saat awal berdiri, Google mendapatkan investasi senilai US$ 100 ribu (setara Rp 1,3 miliar) dari Co-founder Sun Andy Bechtolsheim.

Setelah mendapat suntikan dana itu, mereka memiliki kantor pertama, yakni di sebuah garasi milik Susan Wojcicki yang kini jadi CEO YouTube. Selanjutnya, Google mulai mempekerjakan engineer dan membentuk tim sales. Karena perusahaan makin berkembang, markas Google pindah ke The GooglePlex di Mountain View, California.

Kini, Google telah memiliki lebih dari 50.000 karyawan di 50 negara. Google juga rajin mengakuisisi perusahaan teknologi lain dan membesut produk yang dipakai di seluruh dunia.

Selain sebagai pendiri Google, Page pernah menjabat sebagai CEO perusahaan pada 2011 hingga 2015. Kemudian, pada Agustus 2015, Google yang masih dipimpin Page melakukan restrukturisasi perusahaan dengan mendirikan perusahaan induk bernama Alphabet Inc guna mendorong inovasi perusahaan.

Hingga kini, Larry Page menjabat sebagai CEO Alphabet Inc, dan jabatan CEO Google diteruskan oleh Sundar Pichai.


Googol Menjadi Google

Sejarah berdirinya mesin pencari terbesar di dunia yang awalnya bernama Googol sebelum resmi berganti nama menjadi Google. Mereka tidak menyadari bahwa karya yang didirikan pada 04 September 1998 itu akan mengubah peradaban dunia.

Pada saat Mereka mencari investor sembari melakukan demo manfaat dari Googol tapi belum ada yang mau mendanai. Tiba saatnya mereka mendemokan Googol kepada Andy Bechtolsheim dari Sun Microsystems.

Andy tertarik dan memutuskan untuk mendanai Googol. Cek senilai 100.000 dolar AS dillayangkan kepada Larry dan Sergey untuk mengembangkan Googol. Namun, Andy salah tulis di dalam cek, dia malah menulis Google bukan Googol.

Larry dan Sergey awalnya juga bingung dan akhirnya menerima saja nama Googol diubah secara tak sengaja menjadi Google.

Garasi mobil di Menlo Park, California, AS, menjadi kantor pertama perusahaan ini. Sejak saat itu Google berkembang sangat pesat dengan alamat web Google.com.

Tidak perlu waktu lama bagi Google menunjukkan taringnya untuk menyaingi raksasa dunia maya Microsoft dan berhasil menendang Yahoo serta AOL dari jalur persaingan.

Kini, Google menjadi mesin perambah terbesar dunia membawa Larry dan Sergey menjadi miliarder kelas atas.
***

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.