Ads Top

Biografi Najwa Shihab, Jurnalis Wanita Bertalenta

Sosok wanita cerdas bernama Najwa Shihab mulai dikenal masyarakat luas sejak dirinya menjadi pembawa acara sekaligus moderator pada acara yang berjudul Mata Najwa. Berikut ini biografi Najwa Shihab.

Najwa Shihab, S.H. yang akrab dipanggil Nana lahir di Makassar, Sulawesi Selatan, 16 September 1977 adalah mantan pembawa acara berita di stasiun televisi Metro TV. Ia pernah menjadi anchor dalam program berita prime time Metro Hari Ini, Suara Anda dan program bincang-bincang Mata Najwa. 

Najwa adalah putri kedua dari pasangan Fatmawati Assegaf dan Quraish Shihab, Menteri Agama era Kabinet Pembangunan VII. 


Pendidikan


Dilansir dari Medium.com, Nana berada di keluarga yang sangat religius, hal tersebut yang mempengaruhi background pendidikannya.

Masa pendidikan TK dijalaninya di TK Al-Quran Makasar. Sekolah Dasar di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Hidayah (1984–1990), lalu SMP Al-Ikhlas, Jeruk Purut, Jakarta Selatan, pada 1990–1993, dilanjut dengan SMA Negri 6 Jakarta, Jakarta Selatan.

Semasa SMA ia terpilih mengikuti program American Field Service (AFS), yang di Indonesia program ini dilaksanakan oleh Yayasan Bina Antarbudaya, selama satu tahun di Amerika Serikat. 

Saat memasuki perguruan tinggi, Najwa Shihab kuliah di Universitas Indonesia angkatan 1996 dan mengambil jurusan Ilmu Hukum dan lulus pada tahun 2000.

Meskipun lulus sebagai Sarjana Hukum, Nana lebih memilih terjun di dunia jurnalustik dibandingkan menjadi pengacara.



Karier


Merintis karier di RCTI, tahun 2001 ia memilih bergabung dengan Metro TV karena stasiun TV itu dinilai lebih menjawab minat besarnya terhadap dunia jurnalistik.

Pada bulan Agustus 2017, melalui episode Catatan tanpa Titik, ia secara resmi mengundurkan diri dari MetroTV yang telah membesarkan namanya.

Dan pada 10 Januari 2018, Najwa Shihab melalui Mata Najwa tampil kembali di Trans7 dengan tetap menempati slot yang sama seperti sewaktu di Metro TV, yakni hari Rabu pukul 20:00 WIB.

Pada tahun 2018, setelah berkecimpung menjadi jurnalis selama 9 tahun, Najwa Shihab mendirikan Narasi TV, sebuah perusahaan berita dan media omni-channel yang menciptakan dan mengelola beberapa jenis konten.

Sampai saat ini, Najwa masih aktif sebagai seorang jurnalis. Najwa rajin memproduksi konten-konten jurnalistik seperti mewawancarai para tokoh-tokoh di Indonesia, membuat berita investigasi yang kemudian ia tayangkan di channel Youtube Mata Najwa miliknya.


Keluarga 



Najwa Shihab memiliki suami bernama Ibrahim Assegaf dan menikah pada usia muda yaitu 20 tahun.

Dari pernikahannya tersebut, ia memiliki anak laki laki bernama Izzat Assegaf (17 tahun) dan bayi perempuan bernama Namiya yang meninggal saat berusia 4 jam pasca kelahirannya. ***

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.