Ads Top

Biografi Hanifah Ambadar, Blogger Sekaligus CEO Female Daily Network


Bagi anda para wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan situs Female Daily, situs forum wanita terbesar di Indonesia. Kali ini tim Biografi mengulas biografi singkat pendiri Female Daily Hanifah Ambadar.

Hanifah Ambadar, yang akrab dipanggil Hani adalah pengusaha media yang fokus mengulas tentang wanita dan kecantikan. 

Hani merupakan lulusan S1 jurusan manajemen bisnis di Southern lilinois University Carbondale 2003, dan melanjutkan pendidikan S2 di Maryiville University St.Louis saat lagi hamil. Selayaknya keluarga muda, saat itu Hani sempat merasakan kuliah sembari hamil, lalu melanjutkannya kembali usai cuti melahirkan.

Hani termasuk salah satu wanita yang beruntung karena berkesempatan menimba ilmu di kampus bergengsi.

Menghabiskan satu dasawarsa di Negeri Paman Sam dan pernah tinggal sejumlah negara maju seperti Perth dan Singapura plus latar belakang pendidikan yang baik dan pengalaman bekerja di sejumlah perusahaan.


Berawal Dari Sebuah Blog

Menemui wanita yang hobi menulis mungkin sudah biasa. Namun yang tidak biasa adalah ketika bertemu sosok pemegang prinsip melakukan sesuatu berdasarkan hal yang disukai, tidak tahu kapan akan berhenti dan mendapat banyak keuntungan dari kesukaannya itu.

Berawal dari hobi menulis blog, akhirnya Hanifa Ambadar mendirikan Female Daily Network yang kini media menjadi komunitas wanita terbesar di Indonesia.

Hanifa mengawali Female Daily dari sebuah blog yang dikembangkannya pada tahun 1999. Ini dikarenakan Hanifa senang menulis kegiatan sehari-harinya melalui blog.

Lalu pada tahun 2005, Hanifa bekerja di dunia fashion retail di Amerika Serikat, ia mulai fokus menulis berbagai macam topik mengenai fashion. Ia pun sering mendapatkan pertanyaan seputar fashion trend di Amerika dari teman – temannya, dan langsung dijawab oleh Hanifa didalam blognya.

Dikutip Biografi.co.id dari dari Yooreka.id, saat di Amerika, Hanifa melihat banyak sekali blogger yang sering diundang diberbagai event launching produk bahkan mereka mendapatkan berbagai produk untuk mereka review dalam sebuah tulisan. Hal ini dilihat oleh  Hanifa sebagai peluang usaha yang menjanjikan di masa depan.

Hanifa berpikir trend media seperti blogger akan masuk ke Indonesia dalam beberapa tahun ke depan. Akhirnya Hanifa mulai merombak blog yang dimilikinya pada tahun 2007 kemudian menjadi lebih profesional dan serius dengan membeli sebuah domain.

Ia pun akhirnya mengajak temannya Affi Assegaf untuk memperkaya kontennya, dimana Affi fokus dengan beauty dan Hanifa fokus dengan fashion. Tetapi baru saja dikabarkan bahwa Affi baru saja mengundurkan diri dari Female Daily Network karena ada urusan pribadi.

Hanifa membangun bisnisnya tidaklah mudah. Pertama kali Female Daily dibangun pada 2005 bisa dibilang tidak menggunakan modal sama sekali. “Yah, paling untuk membeli domain senilai Rp 100 ribu/tahun dan membayar hosting Rp 1 juta/tahun. Platformnya memakai gratisan dari blogger.com, dan saya mendesainnya sendiri. Jadi memang tidak ada biayanya,”ujarnya.

Kendati bisnisnya dijalankan belum serius, pihaknya sudah mampu menggaet pengiklan di 2007. Uang hasil iklan itulah yang akhirnya digunakan untuk menyewa kantor ketika ia mulai fokus menjalankan bisnis ini di awal 2009.

“Karena pengiklan semakin banyak, jadi kami tidak pernah menggunakan uang sendiri untuk diinvestasikan sebagai modal,” ucapnya mengenang.

Bisnis yang dirintisnya ini semakin banyak pemasukan dari pemasang iklan. Kemudian mereka memutuskan untuk menyewa kantor lebih besar dan sekarang memiliki kurang lebih 26 karyawan.

Saat ini Female Daily Network sudah menjadi jaringan media digital dan komunitas wanita terbesar di Indonesia dan anggotanya sudah mencapai 45.000 orang.

Anggota tersebut berasal dari berbagai kalangan seperti profesional, pengusaha, ibu rumah tangga dan mahasiswa dengan kisaran usia 25 hingga 35 tahun. Female Daily pun telah bekerjasama dengan berbagai brand fashion dan beauty terkenal seperti Levi’s, L’Oreal Paris, Sariayu, Martha Tilaar, Wardah Cosmetics, Pond’s, dan The Body Shop.

Kini Female Daily Network menjadi salah satu situs jejaring Detik.com, hal tersebut tak lepas dari tangan dingin Hanifah dan kawan-kawan yang merawat hobby ngeblog kemudian hari berkembang menjadi media online Female Daily Network (FDN) yang fokus mengulas tentang wanita dan kecantikan.

Saat ini FDN merupakan salah satu komunitas perempuan online terbesar di Indonesia, anggotanya mencapai 45 ribu orang. FDN mengelola beberapa situs di antaranya: fashionesedaily.com (fashion, kecantikan & gaya hidup) mommiesdaily.com (kehamilan & famili) dan popsdaily.com (selebritas)***

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.