Ads Top

Biografi Emine Erdogan, Ibu Negara Turki

Sebelumnya Biografi.co.id telah mengulas biografi tentang Presiden Turki yaitu Recep Tayip Erdogan, kali ini kami akan mengulas biografi ibu Negara Turki sekaligus istri dari Presiden Erdogan. Berikut biografi Emine Erdogan.

Emine Erdogan lahir dengan nama Emine Gulbaran pada 21 Februari 1955 adalah istri dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Ibu Negara Turki saat ini.

Emine lahir di Siirt, dan tumbuh di Uskudar, Istanbul. Ia adalah keturunan etnis Arab dan anak bungsu dari lima bersaudara di keluarganya. Emine Erdogan menempuh pendidikan di Sekolah Seni Mithat Pasa Aksam, tetapi ditinggalkan sebelum kelulusan.


Aktif Dalam Gerakan Sosial

Dikutip dari Akurat.co, Emine diketahui sebagai sosok yang sangat gencar menentang pernikahan anak. Bagi Emine, pernikahan anak tidak bisa diterima dalam kondisi apapun.

Emine juga tercatat aktif dalam gerakan amal. Pada Oktober 2010, ia mengumpukan dana untuk korban banjir di Pakistan. Emine juga diketahui terbang langsung ke Pakistan dan secara personal memberikan perhiasannya bagi para korban banjir. Berkat kampanye penggalangan dananya tersebut, Emine dianugerahi Pakistan State Decoration oleh Perdana Menteri Pakistan, Syed Yusuf Raza Gilani.


Emine juga pernah diganjar beberapa penghargaan bergengsi dari berbagai organisasi kemanusiaan dunia. Di antaranya adalah gelar "Prix de la Fondation" dari Crans Montana Forum, penghargaan dari Forum Global Donors atas jasa kemanusiaan, hingga gelar "Changemaker” (pembawa perubahan) oleh World Humanitarian Forum di London 17 April lalu.


Kehidupan Pribadi
Emine Erdogan bergabung dengan "Ikatan Wanita-Wanita Idealis". Pada aktivitas tersebut, ia bertemu dengan Recep Tayyip Erdogan di sebuah konferensi. Recep dan Emine menikah pada 4 Juli 1978. Pasangan tersebut memiliki empat anak: Ahmet Burak Erdogan, Necmettin Bilal, Sumeyye dan Esra.
***

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.