Biografi Thareq Kemal Habibie, Mewarisi Kecerdasan Sang Ayah BJ Habibie - BIOGRAFI.CO.ID | Biografi dan Profil Tokoh Indonesia & Dunia

Post Top Ad

Biografi Thareq Kemal Habibie, Mewarisi Kecerdasan Sang Ayah BJ Habibie

Biografi Thareq Kemal Habibie, Mewarisi Kecerdasan Sang Ayah BJ Habibie

Share This
 
Kemunculan Thareq Kemal Habibie mendapat perhatian publik Indonesia ketika menyampaikan pengumuman resmi mengenai wafatnya sang ayahanda, BJ Habibie, Thareq memakai penutup mata berwarna layaknya seperti bajak laut.

Memang sosoknya tak banyak disorot oleh media, sehingga ketika tampil menyampaikan kabar duka, mata masyarakat banyak tertuju kepada anak kedua BJ Habibie ini. Thafeq konon mewarisi kecerdasan sang ayah (BJ Habibie). Nah, berikut ini Biografi singkat Thareq Kemal Habibie dirangkum dari berbagai sumber. (Baca Biografi BJ Habibie)

Thareq Kemal Habibie, yang lahir pada 1967, merupakan anak dari pasangan BJ Habibie dengan HasriAinun Besari. Ia adalah putra ke dua dari dua bersaudara. (Baca Biografi Hasri Ainun Besari)


Menikah
Dikutip dari Kompas.com, BJ Habibie menikahkan Thareq Kemal Habibie dengan Widya Leksamanawati, seorang dokter gigi yang bertugas pada TNI AL. Selain itu, Widya Leksamanawati kini merupakan Ketua Dewan Pengurus Korpri TNI periode tahun 2016-2021.

Mereka menikah pada tahun 1997 atau 12 tahun lalu, sebelum BJ Habibie menjabat sebagai Presiden RI. Thareq Kemal Habibie melangsungkan akad nikah dengan Widya Leksmanawati di Masjid Baiturrahim, Istana Kepresidenan, Jakarta 12 April 1997.

Saat itu BJ Habibie masih menjabat sebagai Menristek/Ketua BPPT. Saksi dalam pernikahan itu adalah Presiden Soeharto dan Wapres Try Sutrisno.

Mereka dikaruniai tiga putri yang bernama Farhah Sultan Habibie, Felicia Rasyida Habibie, dan Farrah Azizah Habibie.

Meski tak banyak menjadi sorotan, Thareq disebut memiliki kecerdasan yang diwarisi oleh sang ayah. Thareq juga diketahui kerap menjadi pembicara di sejumlah seminar. Ia pernah mengisi jejeran panelis dalam Indonesian Energy Innovation Challenge 2015 di Universitas Hasanuddin, Makassar.

Kala itu, Thareq menganjurkan agar Unhas harus memiliki kekhususan dalam bidang tertentu, seperti energi dan maritim agar bisa dilirik.

Menggunakan Penutup Mata

Penampilan Thareq Kemal mencuri perhatian banyak orang. Pasalnya dengan penutup mata di sebelah kanan, yang membuatnya justru mencirikan penampilan seorang bajak laut.

Namun, bukan baru kali ini saja Thareq Kemal Habibie menggunakan penutup mata. Seperti dikutip Biografi.co.id dari grid.id, saat menghadiri pemakaman Ibu Ani Yudhoyono, Thareq juga terlihat mengenakan penutup mata.

Saat merilis prangko edisi terbatas bersama PT Pos Indonesia pada 2017, Thareq Kemal sudah terlihat sudah mengenakan penutup mata.

Kakak Thareq, Ilham Habibie, mengungkap alasan adiknya memakai penutup mata. "Oh, dia kena glaukoma karena dia dulu pernah ada sakit gula. Glaukoma adalah ya buta," kata Ilham di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9/2019) seperti dikutip dari detikcom.

Bisnis dikelola

Dalam hal cari duit, Thareq Kemal Habibie berbeda dengan kakaknya, Ilham Akbar Habibie. Ilham Akbar Habibie sempat bekerja di PT Dirgantara Indonesia, mengembangkan proyek pesawat terbang melanjutkan cita-cita sang ayah, dan mengembangkan proyek superblok di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau bernama Meisterstadt Batam.

Proyek tersebut kabarnya bernilai investasi Rp 14 triliun. Lain halnya dengan bisnis dikelola Thareq Kemal Habibie.

Dia mengelola perusahaan bernama PT Thareq Habibie Carbon. Sejak tahun 2017, perusahaan tersebut bekerja sama dengan PT Pos Indonesia menerbitkan prangko seri Habibie-Ainun..

Bentuk serta jenis kerja sama dilaksanakan meliputi pembuatan desain, tema dan gambar, pengaturan dan kesepakatan tentang hak cipta bagi prangko Habibie dan Ainun yang akan dijadikan sebagai benda koleksi berharga bagi mitra pihak PT Thareq Habibie Carbon maupun bagi masyarakat umum.

Thareq Kemal Habibie seperti dikutip Tribun News menjelaskan, prangko pernikahan Habibie dan Ainun dicetak dalam jumlah terbatas. Setiap edisi bernomor seri.

Prangko tersebut dicetak dalam tujuh edisi, masing-masing edisi sebanyak 100.000 lembar dan per seri berisi empat foto keping prangko tentang pernikahannya.

Ia juga menjelaskan kerja sama ini juga akan menerbitkan replika prangko emas Habibie-Ainun.
Masing-masing dicetak sebanyak 18 keping dengan 4 jenis desain yang berbeda. Total akan diterbitkan sebanyak 72 keping prangko emas Habibie dan Ainun.

Selain itu, PT Thareq Habibie juga menerbitkan prangko special edition, yaitu edisi 8 windu pernikahan Habibie dan Ainun yang akan dicetak dalam lembaran emas.

Prangko tersebut masing-masing berisi 125 keping dari 4 jenis desain yang berbeda atau total sebanyak 500 keping replika prangko emas edisi khusus 8 windu pernikahan Habibie - Ainun.

Penggunaan dan penyebaran pangko emas tersebut dilakukan sepenuhnya oleh pihak PT Thareq Habibie Carbon.****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad