Biografi Pangeran Mateen, Putra Sultan Brunei "Mencuri" Perhatian Kaum Hawa - BIOGRAFI.CO.ID | Biografi dan Profil Tokoh Indonesia & Dunia

Post Top Ad

Biografi Pangeran Mateen, Putra Sultan Brunei "Mencuri" Perhatian Kaum Hawa

Biografi Pangeran Mateen, Putra Sultan Brunei "Mencuri" Perhatian Kaum Hawa

Share This


Salah satu yang mencuri perhatian para kaum hawa di momen pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin beberapa waktu lalu, adalah kehadiran Pangeran asal Brunei Darussalam Abdul Mateen. Pangeran Abdul Mateen dari Brunei Darussalam mencuri atensi para wanita karena ketampanannya.

Ini kunjungan kenegaraan Abdul mateen yang kedua ke Indonesia, untuk menemani sang ayah yaitu Sultan Hassanal Bolkiah. Pangeran Mateen diketahui juga mengabadikan momen inagurasi ini dengan memposting di akun instagramnya.

Tampak di postingan tersebut, sang Pangeran menyaksikan sang ayah menandatangani dokumen dan di sampingnya terdapat juga Presiden Jokowi serta Ibu Negara Iriana. Lalu seperti apa sosok Pangeran Mateen?

Di Brunei, seperti dikutip dari berbagai sumberi, pangeran ini memiliki sebutan yang lumayan panjang, Yang Mulia Paduka Seri Pangeran Muda 'Abdul Mateen ibni Kebawah Duli Yang Maha Mulia Paduka Seri Baginda Sultan Haji Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah.

Pangeran Abdul Mateen lahir di Bandar Seri Begawan, 10 Agustus 1991. Ia berada di urutan keenam pewaris takhta Kesultanan Brunei. Pangeran Abdul Mateen adalah anak kesepuluh dari Sultan Brunei YM Sultan Hassanal Bolkiah dan istri keduanya Puan Mariam binti Abdul Aziz. 

Pendidikan dan Karir Sang Pangeran

Anak Sultan Hassanal Bolkiah ini bergelar sebagai Letnan di Bala Tentara Brunei dan menyandang gelar Master of Arts degreen in International Studies and Diplomacy University of London.

Pangeran Abdul Mateen menempuh pendidikan dasar di St. Andrews. Setelah lulus dari ST. Andrews, ia kemudian melanjutkan ke Maktab Sains Paduka Seri Begawan Sultan dan Sekolah Antarabangsa Jerudong.


Pada tahun 2010, Pangeran Abdul Mateen menempuh pendidikan militer Commissioning Course for Regular Army Officers di Royal Military Academy Sandhurst.

Satu tahun setelahnya, Pangeran Abdul Mateen lulus dengan pangkat Letnan Dua. Bulan Juli 2014, Pangeran Abdul Mateen menerima gelar Bachelors of Arts dalam Politik Internasional di King’s College London.

Dua tahun kemudian, Pangeran Abdul Mateen lulus dengan gelar Master of Arts in International Studies and Diplomacy dari The School of Oriental and African Studies, University of London.

Tahun 2018, ia menjadi memenuhi kualifikasi sebagai pilot helikopter di Defence Helicopter Flying School at RAF Shawbury. 
Pangeran Abdul Mateen sempat mewakili Brunei pada SEA Games 2017 dalam ajang polo berkuda.
Dalam ajang tersebut ia berhasil meraih peringkat ketiga dengan mengantongi medali perunggu untuk Brunei.

Sosok Pangeran Abdul Mateen ternyata merupakan kapten angkatan bersenjata Brunei Darussalam.

Selain menjadi putra kerajaan, Abdul Mateen juga memimpin angkatan bersenjata Brunei Darussalam.

Mateen memang bukan calon penerus kuat Sultan Brunei, namun tetap saja ia salah satu ahli waris  kekayaan Sang Sultan Brunei. Mengutip Business Insider, Sultan Brunei diperkirakan berharta US$ 20 miliar.

Hobby Pangeran Mateen

Pangeran Abdul Mateen menyukai olahraga, berbagai cabang olahraga ia geluti. Sebut saja Golf, Boxing hingga Polo Berkuda.

Memelihara kucing sudah biasa. Namun, Pangeran Mateen punya peliharaan lain yang agak menyeramkan, yaitu harimau.

Kedekatannya dengan sejumlah hewan peliharaan terlihat jelas dari unggahan fotonya di Instagram. Pada July 2016, ia memposting foto bersama dua ekor harimau.

Tak dijelaskan siapa nama dua harimau kecil tersebut. Namun yang jelas ia menulis keterangan foto: "Father of tigers" atau "ayah dari harimau-harimau".

Foto kedekatannya dengan harimau bukan terjadi sekali. Pada Agustus 2016, ia mengunggah foto dengan harimau sambil berbaring di ruang terbuka.

Pangeran Mateen juga sama seperti anak laki-laki pada umumnya, ia juga seorang pecinta olahraga sepak bola. Klub favoritnya adalah Manchester United.

Pada unggahan foto Mei 2016, ia berkesempatan langsung menoton pertandingan klub idola. Dengan tagar "GGMU" Glory Glory Man United menunjukkan bahwa ia adalah fans loyal dari klub sepak bola asal Inggris tersebut..***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad