Ads Top

Khalid Basalamah, Sang Dai Digital




Ustadz Khalid Basalamah

Bagi anda yang sering menonton ceramah di televisi atau di youtube pasti tidak asing lagi dengan ustadz yang satu ini. Ia memiki nama lengkap Khalid Zeed Abdullah Basalamah yang dikenal dengan sebutan Ustadz Khalid dilahirkan di Makassar tanggal 01 Mei 1975.

Ustadz Khalid Basalamah menempuh pendidikan sarjananya di Universitas Islam Madinah kemudian melanjutkan S2 di Universitas Mulim Indonesia dan kemudian melanjutkan S3 di Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia. Ustadz Khalid Basalamah ini terkenal dengan penyampaian ceramahnya yang sangat tegas dan santun.

Ia sering tampil berceramah di televisi-televisi dakwah seperti insantv, wesaltv dan lain-lain sebagainya. Demikian pula di youtube juga banyak tersebar rekaman ceramah Ustadz Khalid Basalamah yang dengan mudah dapat anda akses.

Banyak yang mengira bahwa Ustadz Khalid Basalamah adalah saudara kandung Ustadz Syafiq Basalamah, padahal itu tidak benar.

Khalid Basalamah dan Reza Syafiq Basalamah, keduanya hanya memiliki kesamaan marga yakni sama-sama bermarga Basalamah yakni marga keturunan Arab yang berasal dari daerah Hadramaut, Yaman.

Mereka berdua juga merupakan alumni Universitas Madinah bedanya Khalid Basalamah menyelesaikan pendidikan sampai S1 dan Reza Syafiq Basalamah menyelesaikan pendidikannya
hingga S3 atau doktor  di Universitas Madinah.


Masa Muda di Arab Saudi

Khalid menghabiskan kecilnya di Makassar, Sulawesi Selatan, setelah menyelesaikan pendidikan hingga sekolah menengah pertama kemudian berangkat ke Madinah, tahun 1990 melanjutkan pendidikannya SMA nya di Saudi Arabia

Setiap harinya yang ia lakukan adalah belajar agama seperti belajar tentang ayat-ayat alquran serta hadist nabi. Kegiatan lain yang Khalid Basalamah lakukan hanyalah pergi ke sekolah ataupun pergi ke masjid Nabawi untuk beribahadah. Selain itu ia juga biasa mengunjungi orang-orang Indonesia yang berada disana.

Untuk pendidikan tingkat master, ia selesaikan di Universitas Muslim Indonesia di Makassar. Dan gelar doktor atau S3 ia selesaikan di Universitas Tun Abdul Razak, Malaysia.


Penikahan Khalid Basalamah dengan Muallaf

Tidak banyak berita tentang pernikahan khalid basalamah tapi dalam sebuah video di youtube ia mengatakan bahwa Istrinya merupakan,seorang muallaf. Dari pernikahannya tersebut, Ustadz Khalid Basalamah dikauniai empat orang anak.


Karir dan Bisnis


Ustadz Khalid Basalamah saat ini lebih banyak mengisi waktunya dengan menjadi seorang penceramah. Mengisi kajian islam dari masjid ke masjid.

Cara penyampaian dakwahnya pun mudah dimengerti sehingga tak mengeherankan bila jamaah yang hadir selalu ramai saat ia membawakan kajian, meskipun banyak tuduhan-tuduhan negatif yang dialamatkan kepadanya.

Selain sibuk dalam aktivitas dakwah, Ustadz Khalid Basalamah juga menjalankan usaha bisnis. Adapun salah satu usahanya adalah bisnis restoran makanan khas Arab bernama Ajwad Resto yang kini berada di bilangan Kramatjati, Jakarta.

Ia juga berbisnis souvenir khas timur tengah, travel umroh dan haji, serta penerbitan buku-buku islam. Disamping itu Ustadz Khalid Basalamah juga menjadi ketua Yayasan Ats Tsabat di Jakarta Timur, Ustadz Khalid juga sebagai ketua dalam pengiriman dai ke Irian dan penasehat di saluran tv dakwah WesalTV.

Nama lengkap         :  Khalid Zeed Abdullah Basalamah
Lahir                        :  01-Mei-1975, Makassar, Indonesia
Pendidikan               :  S1 Universitas Islam Madinah, S2 Universitas Muslim Indonesia, 
                                   S3 Universitas Tun Abdul Razzak Malaysia
Kegiatan Lembaga  :  Sebagai Ketua Umum atas Yayasan Ats Tsabat Jakarta Timur, Sebagai 
                                    Ketua di Forum Pengiriman Dai Irian dan Penasehat di Wesaltv Jakarta
                                    Kegiatan Bisnis: Direktur di PT. AJWAD Jakarta Barat  (Bergerak di bidang
                                    bisnis KAYU GAHARU, AJWAD GOLD, AJWAD Souvenir Timur Tengah
                                    (Oleh-oleh haji) di (Kalibata City Square), AJWAD RESTORAN Timur
                                    Tengah (Kalibata City Square) dan penerbitan buku-buku Islam.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.