Ads Top

Biografi Jeff Bezos, Pendiri Amazon.com



Jeffrey Preston Bezos lebih dikenal sebagai Jeff Bezos Lahir pada 12 Januari 1964 di Albuquerque, New Mexico, Amerika Serikat, ketika ibunya, Jacklyn Bezos masih remaja.Jeff Bezos merupakan pendiri, presiden, sekaligus CEO perusahaan teknologi Amazon.

Dia merupakan pengusaha dari Amerika Serikat (AS) yang menjadi salah satu sosok dalam pertumbuhan industri e-commerce. Di bawah komandonya, Amazon menjadi retailer terbesar di jaringan situs dunia, dan menjadi model
bagi penjualan melalui internet.

Berkat Amazon, Bezos menjadi orang terkaya dunia dengan kekayaan senilai  US$ 165 miliar (sekitar Rp 2.500 triliun).Jeff Bezos mempertahankan posisinya di tahun lalu sebagai orang paling kaya nomor satu di dunia.Hal tersebut didasarkan pada daftar orang terkaya di dunia yang dirilis oleh Majalah Forbes.


Masa Kecil

Pernikahan sang ibu dengan ayahnya yang bernama Ted Jorgensen hanya berlangsung tidak lebih dari 2 tahun. Setelah bercerai dengan Ted, Jacklyn menikahi imigran Kuba bernama Miguel "Mike" Bezos pada April 1968, dan mengadopsi Jeff serta mengganti marganya menjadi Bezos.Ayah tiri Bezos, Miguel Bezos, merupakan warga negara Kuba yang bermigrasi ke AS pada usia 15 tahun dan bekerja sambil kuliah di Universitas Albuquerque.

Dikutip dari infografik Kompas, setelah pernikahan itu, mereka pindah ke Houston, Texas dan Miguel menjadi insinyur untuk Exxon. Pada usia dini, Jeff Bezos telah menunjukkan bakat mekanik yang mencolok.

Setelah Bezos menjadi remaja, keluarganya pindah ke Miami di mana dia bersekolah di SMA Miami Palmetto sambil bekerja di restoran cepat saji McDonald's. Dia mengikuti Program Pelatihan Sains Siswa di Universitas Florida, meraih penghargaan Silver Knight pada 1982 serta Beasiswa Merit Nasional. Pada 1986, dia lulus dari Universitas Princeton sebagai Sarjana Sains di bidang teknik listrik dan sains komputer dengan nilai rata-rata 4,2. Setelah lulus, Bezos mendapat tawaran dari sejumlah perusahaan teknologi besar seperti Intel, Bell Labs, maupun firma konsultasi Andersen Consulting.

Dia pertama kali bekerja di Fitel, startup di bidang telekomunikasi finansial dengan tugas membuat jaringan internet bagi perdagangan internasional. Dia kemudian berpindah pekerjaan antara lain di Bankers Trust, hingga perusahaan investasi DE Shaw & Co yang baru didirikan pada 1990.


Mendirikan Toko Buku Online Amazon

Pada akhir 1993, Bezos memutuskan untuk menjual buku secara daring. Dia meninggalkan pekerjaannya di DE Shaw dan fokus merintis usahanya sendiri. Bersama sejumlah karyawan, dia mendirikan Amazon.com pada 5 Juli 1994 di garasi rumah. Nama Amazon sendiri diambil dari Singai Amazon di Amerika Selatan. Dia memulai usaha itu dengan menginvestasikan dana sebesar 300.000 dollar AS, sekitar Rp 4,2 miliar, yang berasal dari orangtuanya.


Kepada para investor awal, Bezos sudah memperingatkan mereka bahwa ada terdapat 70 persen peluang Amazon bakal kolaps dan bangkrut.

Dari Toko Buku Online ke Toko Online Raksasa di Dunia

Perusahaan itu melesat bak meteor tanpa adanya pemberitaan pers yang cukup. Amazon menjual buku di AS dan 45 negara dalam waktu 30 hari. Dalam dua bulan, penjualan mereka mencapai 20.000 dollar AS, atau Rp 281,1 juta, per pekan. Di atas perkiraan Bezos dan timnya. Amazon.com go public tiga tahun berselang di mana para analis meragukan apakah perusahaan tersebut bakal bertahan sendiri. 

Dua tahun kemudian, bisnis Amazon tidak hanya bertahan. Namun juga mengungguli setiap pesaingnya dan menjadi pemimpin e-commerce. Bezos terus melakukan diversifikasi usaha Amazon dengan menawarkan penjualan CD serta video pada 1998, diikuti pakaian, mainan, dan barang elektronik.

Itulah biografi Jeff Bezos orang terkaya di dunia dan kisah perjalanan kehidupannya. Semoga dapatmenjadi inspirasi untuk menerapkan hal baik dalam diri Jeff Bezos.***

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.