Ads Top

Rachel Maryam, Semakin Bersinar di Dunia Politik

RACHEL Maryam Sayidina memang luar biasa. Bagaimana tidak, artis yang dikenal jarang berkomentar di luar urusan keartisan itu, akhirnya menjadi anggota DPR dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II. Rachel menjadi salah satu bukti, artis juga bisa berkiprah di dunia politik.

Bicara soal seni, bagi mojang kelahiran Bandung, 20 April 1980 ini mutlak bukan barang baru. Darah seni yang mengalir di nadinya berasal dari sang nenek pihak ibu yang dikenal piawai memainkan harpa. Sementara ibunda sang ayah, seorang penyanyi tembang-tembang Jawa.

Dan semu kepiawaiannya di bidang seni itu semakin terasah ketika Rachel memutuskan bergabung dengan teater sekolah di SMUN 19 Bandung. Sayang, aktivitas seni itu sempat tersendat saat Rachel melanjutkan sekolahnya di sekolah perhotelan NHI Bandung.

Jiwa muda juga yang membuat perempuan berdarah Sunda-Jerman ini memutuskan hengkang dari kampus dan pindah ke Jakarta.

Dewi fortuna berpihak padanya. Setelah menjadi model di video klip milik Sheila on7, Rachel pun seakan tak pernah berhenti berkreasi. Tak kurang, enam film Indonesia bermutu dibintanginya. Beberapa di antaranya menyabet penghargaan. Film Eliana, Eliana misalnya, menerima `Best Young Cinema Award`. Bahkan film Arisan yang dirilis pada tahun 2003, mengantarkannya sebagai peraih Piala Citra untuk aktris pendukung terbaik.

Perkenalan Rachel dengan politik terjadi ketika Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani, melamarnya menjadi calon legislatif dari Jawa Barat pada Pemilu 2009. Rachel yang memiliki pola pikir kritis dan dan berpikir substantif mengamininya. Hingga akhirnya terpilih menjadi wakil rakyat. Ibunda dari Muhammad Kale Mata Angin ini kembali terpilih menjadi anggota dewan periode 2014-2019 dari dapil yang sama.

Eksistensi Rachel terus bersinar di dunia politik. Ketika pemilihan komisioner Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) misalnya, Rachel aktif mengeksplorasi masing-masing calon anggota KPI. Begitu juga saat terjadi gunjang-ganjing tayangan infotainmen di televisi nasional. Rachel yang notabene adalah seorang artis pun ikut bersuara lantang untuk ‘membenahi’ tayangan hiburan di televisi.

Komisi I yang juga mengurus persoalan persenjataan juga diikuti serius oleh Rachel. Dalam sebuah rapat Kesepakatan Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty (CTBT) atau Larangan Uji Coba Nuklir Menyeluruh, Rachel pun angkat bicara. “Fraksi Gerindra menghargai ratifikasi CTBT itu, diharapkan dengan diratifikasinya traktat ini, bisa meningkatkan peran dan posisi Indonesia dan negara-negara yang lain juga ikut meratifikasi traktat ini,” kata pemakai  jilbab modis ini.

Rachel juga termasuk yang sangat kritis ketika menjelang pelantikan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso beredar undangan yang dikeluarkan Istana. Bahkan sejumlah anggota Dewan yang mendapat undangan menolak hadir sebelum undangan itu diganti atau ditarik.

Menurut Rachel kesalahan dalam undangan yang dikeluarkan Istana itu sangat fatal. Disebutkan BIN itu kepanjangan dari Badan Intelijen Nasional. “Ini kejadian yang sangat memalukan ketika datangnya dari Istana,” kata Rachel, sengit.

Menurut Rachel harus ada evaluasi sungguh-sungguh. Kesalahan dan kekeliriun itu sangat fatal dan tidak bisa dianggap enteng apalagi cukup hanya meminta maaf kepada masyarakat.

“Semua pihak jadi bertanya-tanya bagaimana sebenarnya manajemen Sekneg? Apakah dijalankan oleh orang-orang capable?” suara Rachel lantang dan emosional tetapi tetap cantik.
Nice!




BIODATA RACHEL MARIAM SAYIDINA


No. Anggota : A-344
Tempat Lahir / Tgl Lahir : Bandung / 20 April 1980
Agama : Islam

Pendidikan
•SMA Negeri 19 Bandung
•Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung

Pekerjaan
•Anggota Komisi I DPR RI 2014-2019
•Anggota BKSAP DPR RI tahun 2012
•Sutradara Film Layar Lebar tahun 2012
•Anggota Komisi I DPR RI tahun 2009
•Anggota Komisi VI DPR RI, Sebaga 2009
•Anggota DPR RI tahun 2009 - 2014
•Model & Bintang Iklan tahun 1999
•Aktris Film, Sinetron & Teater tahun 1999

Organisasi
•Anggota Kaukus Perempuan Parlemen tahun 2010
•Anggota Partai Gerindra tahun Wasekjen tahun 2009
•Wasekjen Partai Gerindra tahun 2009
•Bendahara Partai Gerindra tahun 2009

Penghargaan

•Aktris Terbaik Film Eliana dari Douville French Film
•Aktris Terbaik Film Sepuluh di Biola dari Film Festival Los Angeles
•Aktris Pemeran Pembantu Terbaik Film Arisan dari Festival Film Indonesia
•Aktris Terbaik Pilihan Juri Film Eliana dari Singapore Film Festival

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.